Program PERMATA (Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara) 

                Sabtu, 29 september 2018 Universitas PGRI Madiun melaksanakan acara pelepasan dan juga penerimaan mahasiswa PERMATA dari beberapa perguruan tinggi lainnya, ada yang dari pulau jawa bahkan ada yang di luar pulau jawa salah satunya adalah mahasiswa dari kota Medan. Acara tersebut di hadiri oleh mahasiswa program PERMATA , perwakilan dari pihak kampus lain , wakil rector IV, dekan Fakultas Ekoonomi Bisnis , serta dosen dosen terkait lainnya.

                Program studi Akuntansi Universitas PGRI Madiun pun sangat antusias menyambut program PERMATA ini, pihak Prodi mengirimkan 2 mahasiswanya untuk ikut dalam program tersebut. Nantinya Mahasiswa dari Prodi akuntansi ini akan dikirim ke Medan tepatnya di Universitas Medan Area . begitupun sebaliknya , dari Universitas Medan Area juga mengirimkan 2 mahasiswanya untuk menjalani masa perkuliahan di Universitas PGRI Madiun. Dua mahasiswa dari Universitas Medan Area telah tiba di kota madiun pada tanggal 28 september kemarin, sedangkan dua mahasiswa dari prodi Akuntansi  Universitas PGRI Madiun di jadwalkan akan bertolak ke Medan pada tanggal 5 Oktober 2018 nanti. Tercatat mahasiswa UNIPMA yang mengikuti program permata ini berjumlah 4 mahasiswa dimana dua di antaranya mahasiswa dari program studi akuntansi. Mahasiswa yang mengikuti program PERMATA ini iala Adhitya Wibowo mahasiswa semester 5 dan juga Alina Tsani mahasiswa semester 5 .

                Menurut jadwal  mereka akan mengikuti program PERMATA ini selama 3 bulan , yakni mulai 5 Oktober 2018  – 5 Januari 2019 . dihrapkan kerja sama ini bisa terus terjalin bahkan bisa lebih berkembang lagi agar nantinya program ini masih bisa terus dilaksanakan dan juga terciptanya hubungan baik antara universitas PGRI Madiun dengan Universitas-Universitas Lain yang ada di seluruh Indoensia